Rabu, 09 Mei 2012

Visi Misi Organisasi

Visi Misi Organisasi

DEFINISI VISI
secara definisi oprasional visi sering disebut dengan cita cita organisasi, dalam beberapa organisasi yang sifatnya ideologis akan medasarkan visi organsasinya dengan ideologinya. beberapa ilmuan menyebutkan bahwa visi  adalah keinginan, namun bukan hanya sekedar keinginan. keinginan tersebut adalah keinginan yang rasional, artinya keinginan tersebut dapat di pertanggung jawabkan dan bukanlah keinginan yang utopis atau dengan kata lainnya adalah keinginan tersebut berpotensi untuk tercapai.
bahasa sederhananya adalah "want to be". 

SIFAT DAN SYARAT VISI
  1. visioner 
  2. ilusionist
  3. measurable 
  4. rational 
  5. spesific
CARA MERUMSUKAN VISI
dalam merumuskan visi pada organisasi baik organisasi sosial maupun profit, yang menjadikan pijakan kita adalah KEINGINAN RASIONAL. dengan definisi oprasional inilah kita dapat merumuskan 2 hal yang terkadung dalam visi 
Keinginan
keinginan yang dimaksud disini adalah apa yang hendak di miliki dituju, atau dengan kata lainnya adalah dasar berfikir, latar belakang munculnya organisasi tersebut. dalam beberapa literatur disebutkan bahwa ini merupakan "bidang usaha", secara arti terminologi sama dengan apa hal yang ingin di tuju oelh organisasi tersebut.
Rasional   
dalam hal ini yang di nilai adalah keinginan yang telah ada tersebut, dalam penilaian "rasional" ini kita menyoroti kemungkinan tercapainya visi organisasi tersebut. standart yang di nilai dalam kerasionalan visi adalah pasar dan internal kita
"apakah keinginan kita bisa diterima oleh pasar --> bisa menggunakan pendekatan universal atau spesifik menggunakan pendekatan faktor penerimaan dalam teori pemasaran"
beberapa aspek yang melingkupi kerasionalan adalah :
  1. produk 
  2. keunggulan kita 
  3. ukuran gerak
ketiga variabel di atas merupakan variabel intenal kita, dengan melihat bagaimana produk kita dan nantinya akan di nilai dengan pendekatan pasar, sedangakan keunggulan kita dan ukuran gerak lebih pada ukuran gerak kita sebelumnya (agar kita mengetahui potensi di masa medatang, tidak hanya sekedar rasional tanpa dasar >> butuh di aktuskan), atau dengan kata lain menggunakan evaluasi gerak kita. dengan hal ini kita mengetahui bahwa visi adalah keinginan yang rasional yang mengukurnya bukan menggunakan 2 hal yakni kemampuan aktus dan potensial. 

PENGUJIAN VISI 
Visi tidak hanya cukup di buat saja, di buatnya visi agar kita mampu bertahan dan mengarahkan organisasi kita dengan tepat dan akurat. sehingga perhitungannya bukan hanya sekedar keinginan dan kemampuan kita serta bagaimana potensi penerimaan pasar, harus ada pengesuaian dengan variabel yang lainnya yakni pesaing kita dan kondisi lingkungan makro kita. karena jika visi kita tidak mampu membuat kita survive dengan adanya hambatan pada pesaing dan lingkungan makro artinya bisa di katakan bahwa visi ini tidak memenuhi seperti syarat dan standart di atas. atau dengan bahasa lainnya visi harus mampu/bisa adaptable dengan lingkungan. 
beberapa kasus seringkali tidak akan mengubah visi secara esensi,karena esensi itulah yang medasari terciptanya organisasi (atau jika esensi visi berubah maka seharusnya organisasi tersebut juga telah berubah) kecenderungan pengubahan visi biasanya adalah pada hal yang sifatnya redaksional, karena memang adanya lingkungan makro yang berubah. hanya saja tidak selalu lingkungan makro = visi berubah. kondisi lingkungan makro yang mampu merubah visi adalah lingkungan makro yang memang mengancam eksistensi visi itu sendiri. 


DEFINISI MISI
secara umum misi adalah penjelas dari visi yang telah ada.
beberapa ilmuan mengemukakan pendapatnya mengenai visi :
Fred R. David
"pernyataan tujuan jangka pandang yangmembedakan satu organisasi dengan organisasi sejenis lainnya. misi menjawab pertanyaan : apa bisnis (organisasi) kiya?. siapa pelanggan (pasar) kita?, nilai apa yang kita berika kepada mereka?. jawaba jawaban itulah yang nantinya akan memedakan organisasi satu dengan yang lain".
Mudrajadi Kuncoro
"suatu pernyataan apa yang dilakukan oleh berbagai unit organisasi dan apa yang mereka harapkan untuk mencapai visi organisasi."
 berdasarkan pengertian umum serta pendapat para ilmuan ini kita dapat menarik kesimpulan bahwa misi organisasi adalah pernyataan tujuan yang di turunkan atau menjelaskan dari visi organisasi yang telh di buat sebelumnya, bahasa sederhananya adalah "want to do".

CARA MERUMUSKAN MISI
karena misi hanya menurun dan menspesifikkan mengenai apa yang telah tercantum pada visi. sehingga cara perumusannya hanya tinggal mengkongkritkan mengenai apa yang telah kita perhitungkan pada misi.
beberapa hal yang perlu di spesifikkan dalam misi adalah :
  1. pasar / pelanggan 
  2. produk
  3. filosofis orgnisasi
  4. dll (yang memperjelas mengenai pernyataan visi)
dalam perumusannya secara sistematika mempunyai  3 tahap untuk mendapatkan pernyataan misi yang sesuai dengan apa yang telah kita harapkan.
  1. Rumus deskripsi          : besaran +  target pelanggan + ukuran keunggulan (dari visi)
  2.  Rumus misi                    : kata kerja + deskripsi 
  3. pernyataan misi           : penjabaran rumusan misi
dalam prumusan misi memang terbilang sangat mudah karena memang asumsinya hanya memperjelas mengenai visi yang telah di perhitungkan sebelumnya. 

semoga menjadi pembelajaran yang bermanfaat untuk masa depan :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar